SMT

Selamat Datang di SDN MODEL TERPADU Bojonegoro

Minggu, 22 September 2013

MATERI IPA KELAS 1 UNTUK UTS


ANGGOTA TUBUH MANUSIA 

GAMBAR DAN NAMA ANGGOTA TUBUH





 NAMA ANGGOTA BADAN DAN FUNGSI




CARA MERAWAT ANGGOTA BADAN
aku rajin merawat tubuhku
aku mandi dua kali sehari
aku mandi pagi dan mandi sore
tubuhku kusabun dan kugosok
sehabis mandi tubuhku segar dan wangi

aku rajin mencuci rambut
mencuci rambut memakai sampo
mencuci rambut saat mandi
rambutku bersih dan wangi

aku rajin menggosok gigi
menggosok gigi saat mandi
menggosok gigi sesudah makan
menggosok gigi sebelum tidur
gigiku putih dan bersih

aku rajin mencuci tangan
mencuci tangan sebelum makan
mencuci tangan sesudah makan
mencuci tangan dengan sabun
aku rajin mencuci tangan dan kaki
sesudah bermain dan sebelum tidur

aku rajin merawat kuku
bila kuku sudah panjang
aku minta tolong ibu
ibu akan memotong kukuku
aku membaca di tempat terang
aku menonton televisi tidak dekat
agar mataku selalu sehat
aku memutar radio tidak keras
agar telingaku selalu sehat
tubuh yang tidak dirawat
menjadi kotor dan tidak sehat

jika aku malas mandi
badanku menjadi gatal
jika aku malas mencuci rambut
kepalaku gatal rambutku bau
jika aku malas menggosok gigi
gigiku mudah berlubang
gigiku akan sakit
jika aku malas merawat kuku
kuku menjadi panjang dan kotor
      kuku kotor adalah sarang penyakit

LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT
CIRI – CIRI LINGKUNGAN SEHAT
itu rumah siapa ya...
rumah itu bersih dan rapi
tidak ada kotoran berserakan
sampah dibuang di tempat sampah
tidak ada tikus dan kecoak
di sekitar rumah itu
banyak pohon dan bunga
semua diatur dan dipangkas rapi
di sekitar rumah itu
bertiup udara bersih dan segar
udara bersih itu menyehatkan
keluarga jadi hidup sehat
sekarang aku tahu
lingkungan bersih itu sehat
tinggal di lingkungan bersih nyaman
tinggal di lingkungan bersih menyenangkan
aku akan selalu sehat

CIRI – CIRI LINGKUNGAN TIDAK SEHAT
rumah siapakah itu...
rumah itu kotor dan tidak rapi
kotoran berserakan sampah menumpuk
banyak hewan pembawa penyakit
lalat nyamuk tikus dan kecoak
pohon dan bunga tidak dipangkas
rumput dan semak tumbuh tinggi
udara di sekitar rumah kotor
udara di sekitar rumah tidak segar
keluarga di rumah itu mudah sakit


 CARA MEMELIHARA TUMBUHAN DAN HEWAN
di lingkungan banyak tanaman
tanaman memiliki banyak kegunaan
tanaman memberi udara bersih
tanaman bisa berbunga
tanaman juga bisa berbuah
bunga menghiasi lingkungan
contohnya mawar dan melati
banyak buah bisa dimakan
seperti jambu dan mangga
agar tumbuh subur tanaman harus dirawat
disiram dan diberi pupuk

daun lebat dipangkas agar rapi

di lingkunganku berbagai hewan boleh dipelihara
ayam anjing kucing atau lainnya
hewan piaraan bisa menjadi teman
seperti anjing kucing dan kelinci
hewan piaraan membantu manusia
anjing menjaga rumah
ayam jantan berkokok setiap pagi
ayam betina memberi telur
hewan piaraan harus dirawat dengan cara
hewan piaraan harus diberi makan
hewan piaraan juga harus disayang
hewan piaraan perlu dimandikan
kandangnya selalu dibersihkan
hewan yang sehat tidak menularkan penyakit

2 komentar:

  1. mr kapan raport sisipannya

    BalasHapus
  2. mr shoby di share dong peringkat 10 besarnya!!!

    BalasHapus