SMT

Selamat Datang di SDN MODEL TERPADU Bojonegoro

Rabu, 22 Oktober 2014

Tugas untuk kelas 2

Salinlah cerita pendek di bawah ini di buku halus 
Dikumpulkan pada hari senin,27 Oktober 2014 dan ceritakan didepan teman-temanmu. 
Tulislah yang rapi dan sebaik-baiknya.
Selamat belajar....!!! 


NASEHAT SEORANG IBU

Suatu ketika seorang ibu berpesan kepada anaknya …. "Nak ketika sekolah tak ubahnya seperti ulat yang hendak terbang menjadi kupu-kupu…. coba perhatikan" ... Seorang ibu tersebut menunjuk ke salah satu ujung daun yang ada ulatnya … Binatang kecil itu menjijikan, jalanya pelan, makanannya daun, kotoranya banyak, menjadi musuh petani … dan konon di Jawa dan Bali pernah diserang ulat bulu yang membuat miris semua orang… menyerang tanaman, merusak dan menghabiskan daun…. 
Kemudian ibu tersebut menunjuk ke sisi lain di bawah ranting kecil terdapat kepompong… sambil berkata .. "Nak..! coba perhatikan kepompong itu didalamnya ada ulat yang tak berdaya, bertapa, tidak makan dan minum, tubuhnya diselimuti bulunya untuk mempertahankan diri…hanya itu yang bisa dia lakukan …."  
Sang anak bertanya pada ibunya . ”Untuk apa bu ulat tersebut bertapa ?”   Ibunya menjawab dengan penuh kasih sayang….  ”Nak itu semua untuk satu tujuan yaitu ingin menjadi kupu-kupu”. Kemudian ibu tersebut melanjutkan cerita nya. "Coba perhatikan kupu-kupu, makanannya madu, kemanapun pergi dia terbang dengan sayapnya yang cantik dan menawan serta tak menjijikan lagi. Dia bahkan sangat membantu para petani dalam penyerbukan …  begitu juga kamu nak..  sekarang kita ini orang susah kemanapun mau pergi susah, cari makan susah, bahkan banyak orang yang menghina kita, jijik melihat penampilan kita….  jika kamu ingin seperti kupu-kupu terbang tinggi makanan madu, kemana-mana terbang maka kamu harus bertapa seperti kepompong”. Si anak terbengong mendengar tutur kata ibunya. Kemudian bertanya pada sang ibu..  “Maksud ibu apa ?” …….  “Begini nak jika kamu ingin seperti kupu-kupu maka bertapa mu adalah sekolah ...  ketika sekolah seperti kepompong..  banyak godaan, harus bisa menahan diri…  suatu saat kamu akan bisa terbang dan banyak yang suka padamu, karena kepintaranmu, mencari makan tak sesusah sekarang..  yakinlah nak hanya dengan berlindung pada Sang Pencipta dan berdo'a kepadaNya kamun akan selamat dan sukses.  Belajar yang giat , rajin dan tekun lah kamu akan sukses…”. 
Begitu lah sang ibu tersebut bercerita pada anaknya…  
Yachhh  … itulah kisah puluhan tahun yang lalu… kini sang ibu telah tiada dan anak tersebut telah tumbuh dewasa, bisa terbang kemana-mana….  dan yang dikatakan sang ibu tersebut menjadi kenyataan …!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar